Jumat, 03 Juni 2011

Pengajian Jum'at Malam

Assalamu'alaikum wr wb
   Meneruskan apa yang di sampaikan ustad Jumari dalam pengajian rutin Jum'at malam kemarin, akan saya sampaikan apa yang sudah saya dapat, semoga bermanfaat bagi kita semua.

   Jalan menuju akhirat merupakan jalan terjal penuh gelombang terpaan dan perjuangan. Dalam maqolahnya, imam Ali bin Abi Tholib memberi nasihat kepada kita. Ada 6 nasihat imam Ali bin Abi Tholib:

1. Berusaha Mengenal Allah SWT, lalu mematuhi.
2. Berusaha Mengenal Setan, lalu mendurhakai.
3. Berusaha Mengenal akhirat, lalu membekali diri.
4. Berusaha mengenal dunia, lalu meninggalkan.
5. Berusaha mengenal kebenaran, lalu menegakkanya.
6. Berusaha mengenal kebatilan, lalu memusnahkannya.

   Dalam kehidupan, setan menggoda manusia dengan 3 hal yang sulit untuk di hindari manusia, yakni harta, tahta, dan wanita. Dunia merupakan perhiasan yang sangat menyilaukan mata, kecuali bagi orang yang beriman. Dunia merupakan jalan yang harus di tempuh guna mendapatkan ridho Allah Swt. Salah satu ciri orang ikhlas adalah orang yang tidak takut mati. Tidak takut mati bukan berarti dia sudah bosan hidup, tapi takut mati untuk mengigat bahwa semua kehidupan di dunia itu tak abadi. Semua yang di ciptakan Allah Swt, pasti akan kembali kepadaNya. Mengigat mati juga menambah semangat dalam mencari ridho Allah swt, dengan banyak beramal shaleh.

  Manusia di ciptakan di dunia, di beri kebebasan yang sebebas-bebasnya oleh Allah Swt. Allah Swt memberikan dua jalan bagi manusia, yakni jalan syukur dan jalan kufur. Jalan kufur merupakan jalan yang mudah dalam melalui kehidupan di dunia ini, tetapi akan menghasilkan konsekuensi yang sangat berat, nanti dalam akhirat. Tetapi, jalan syukur akan terasa berat oleh orang-orang yang tidak beriman. Tetapi, jika kita mau berusaha dengansungguh-sungguh, pasti Allah Swt akan memberikan jalan yang terbaik bagi kita untuk mendapatakna ridhoNya. Ibnu Atho'ilah berkata bahwa "barang siapa yang bersungguh-sungguh di awal, akan mendapatkan jalan yang terang dan barang siapa yang tidak bersungguh-sungguh di awal, akan ia temukan kegelapan di akhir". Sesungguhnya jalan syukur adalah jalan yang sebenar-benarnya jalan yang akan membuat kehidupan kita akan bagagia, dunia dan akhirat, Insyaallah.

  Demikian yang bisa saya sampaikan, jadi untuk menggapai akhirat, di butuhkan perjuangan yang tidak mudah. Tidak hanya dari godaan setan, tapi kita juga harus bisa menjaga hawa nafsu. Kita di tuntut untuk berusaha dengan sungguh-sungguh, jika kita inginkan akhir yang bahagia.

  Cukup sekian dulu, jika terdapat kekurangan dan kesalahan, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya, dan saya harap anda sudi untuk memperbaiki. Semoga kita di lindungi oleh Allah Swt dari godaan setan, dan di akhiri kehidupan kita dengan khusnul khatimah. amin.
   Wassalamu'alaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Aku...

Foto saya
Saya adalah seorang anak manusia