Selasa, 07 Juni 2011

Bisnis dan Manajemen

assalamu'alaikum wr wb
Dahulu kala, ketika saya masih di semester satu (padahal sekarang baru smester 2, hha), salah satu mata kuliah yang saya suka adalah Bisnis dan Manajemen. Selain dari pelajaranya yang menarik, cara penyampaian oleh dosen nya pun cukup jelas bagi saya.

Bisnis, adalah kegiatan yang teratur dan terorganisir dalam menghasilkan produk berupa barang dan atau jasa yang di tawarkan kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Tipe bisnis pun bermacam-macam, yakni bisnis ekstraktif, agraris, maufaktur, dan jasa.

Bisnis ekstraktif adalah bisnis yang kegiatanya hanya mengambil apa yang di hasilkan oleh alam. Dalam hal ini contohnya adalah pertambangan, perikanan (nelayan di laut), dan lain-lain.

Bisnis agraris adalah bisnis yang mengambil hasil dari pengolahan dari alam, seperti contohnya pertanian, perkebunan, perkebunan dan perikanan.

Bisnis manufaktur merupakan bisnis yang bergerak di bidang pengolahan bahan mentah menjadi barang jadi atau barang setengah jadi. Contohnya assembling (perakitan), mobil, motor, pesawat terbang, dan lain-lain.

Bisnis jasa, merupakan bisnis yang kegiatanya berupa pemberian pelayanan, seperti contoh, kantor pos, telkom, dan lain sebagainya.

Hal-hal yang membedakan bisnis dengan "kerjabakti" atau bisa di sebut ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

1. Teratur dan terorganisir.
Pebisnis selalu memperhatikan setiap detil apa-apa yang akan dia lakukan serta hal apa saja yang di anggap perlu di kerjakan. Dia juga terorganisir, mempunyai rencana-rencana kedepan serta antisipasi hal-hal yang berkemungkinan terjadi.
2. Menghasilkan barang dan atau jasa.
Setiap orang melakukan usaha, pasti melakukan hal-hal yang perlu ia lakukan. Bisnis bisa berupa memproduksi suatu barang dan atau jasa. Dalam kegiatannya, bisnis tak bisa lepas dari kedua hal tersebut.

Berikut perbedaan antara barang dan jasa:
jasa: tidak berwujud tapi dirasakan, hak pakai, ukuran kualitas, model laber intersif.
barang: berwujud, hak milik dan pakai, ukuran kualitas dan kwantitas, model capital intersif.

3. Ditawarkan konsumen.
Setiap usaha yang menghasilkan barang atau pun jasa, pasti akan di tawarkan kepada konsumen. Penawaran ini bisa melalui berbagai cara, dari yang konvensional melalui media cetak, mulut ku mulut pamflet dan lain-lain, hingga yang elektronik seperti televisi, radio, atau internet.

4. Mencari laba.
Yang satu ini sudah pasti, untuk apa kita capek-capek kalo tidak mendapatkan laba/keuntungan, walaupun ada yang lebih penting, mendapat ridho Allah SWT, tapi tak yakin ak, orang zaman sekarang mau "kerjabakti" hha.

Saya pikir cukup segini dulu, nanti lain waktu di lanjut lagi, hhe, kekuranganya mohon maaf yang sebesar-besarnya dan sekiranya sudi untuk membetulkan.

tambahan:
~Obligasi: surat utang
~Komisaris: pemegang saham / pemilik perusahaan
~Birokrasi: sistem pemerintahan yang di jalankan oleh pegawai pemerintahan karena telah berpegang pada hirarki
~Hirarki: tingkatan

klik:manajemenbisnisku

wassalmu'alaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Aku...

Foto saya
Saya adalah seorang anak manusia